Senin, 13 Oktober 2014

Pengertian Pendidikan

A.      PENGERTIAN PENDIDIKAN BERDASARKAN RUANG LINGKUP
1.       Pengertian Pendidikan Maha Luas
Segala sesuatu yang dialami oleh individu sepanjang hidupnya selama ada pengaruh lingkungan, berupa pengalaman hidup yang bersifat positif yang dapat membawa pelajaran bagi individu yang mengalaminya. Pendidikan maha luas berlangsung dalam segala lingkungan hidup, baik yang diciptakan ataupun ada dengan sendirinya, baik yang terprogam ataupun tidak disengaja.
2.       Pengertian Pendidikan Secara Sempit
Adalah proses mendidk yang dilakukan di sekolah oleh pendidik (guru). Diprogram oleh kurikulum, dan waktunya terbatas. Bertujuan agar siswa memiliki kemampuan tertentu sesuai dengan program kurikulum.
3.       Pengertian Pendidikan dalam arti Luas Terbatas
Pendidikan ini merupakan jalan tengah antara Pendidikan Maha Luas dan Pengertian Pendidikan Secara Sempit. Pendidikan ini berlangsung seumur hidup, tetapi tidak berlangsung sembarang, hanya pada saat saat tertentu, dan hanya berlangsung pada lingkungan kultural. Pendidkan ini dapat berbentuk pendidikan formal, non-formal, dan informal.  Dan kegiatannya berbentuk pengajaran, bimbingan, dan latihan. Tujuan dari pendidikan ini menunjang tercapainya tujuan hidup.

B.        PENGERTIAN PENDIDIKAN BERDASARKAN PENDEKATAN ILMIAH
1.       Pengertian Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Psikologi
Psikologi adalah ilmu yang memepelajari tentang tingkah laku individu. Maka pengertian pendidikan berdasarkan pendekatan psikolohi adalah proses pengembangan individu.
2.       Pengertian Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sosiologi
Sosiologi adalah ilmu yang memprlajari tentang interkasi individu dengan lingkungannya. Maka pendidikan berdasarkan pendekatan sosiologi tidak akan terwujud apabila tidak ada interaksi antara manusia dengan manusia ataupun  manusia dan lingkungannya.
3.       Pengertian Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Antropologi
Antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia. Maka pengertian pendidikan berdasarkan pendekatan antropologi adalah proses pemindahan budaya satu generasi ke generasi berikutnya.
4.       Pengertian Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Politik
Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari tentang ketatanegaraan dan pemerintahan. Maka pengertian pendidikan berdasarkan pendekatan politik adalah proses seorang individu untuk menjadi seorang warga negara yang diharapkan.
5.       Pengertian Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Ekonomi
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang usaha-usaha manusia dalam mencapai kemakmuran hidup. Pengertian pendidikan berdasarkan pendekatan ekonomi terbagi menjadi dua, yaitu penegrtian pendidikan ekonomi makro dan ekonomi mikro. Pengertian pedidkan berdasarkan ekonomi makro adalah seperti penanaman modal, apabila suatu individu diberi pendidikan, maka pendidikan tersebut dapat menjadi modal dalam menunjang kehidupan. Sedangkan pengertian pendidikan dalam ekonomi mikro seperti profesionalisasi, dengan mendapatkan pendidikan auatu individu akan menjadi manusia yang berkualitas.

C.      PENGERTIAN PENDIDIKAN BERDASARKAN PENDEKATAN SISTEM
Sistem adalah sekumpulan komponen atau bagian bagian yang saling berkaitan satu sama lain yang berfungsi untuk mencapai suatu tujuan. Maka pengertian pendidikan berdasarkan pendekatan sistem artinya pendidikan dapat dilihat dari keseluruhan aspek input, proses, dan output. Pendidikan adalah keseluruhan yang terintegrasi dari setiap aspek pendidikan. Mulai dari input yang diproses, atau ditransformasi oleh komponen-komponen pendidikan yang berhunungan satu sama lain yang sesuai dengan fungsinya masing-masing berjalan seiring seirama dalam mencapai tujuan pendidikan (output pendidikan), yaitu manusia terdidik yang mempunyi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar