Senin, 13 Oktober 2014

Masalah Pembelajaran dan Pemecahannya

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Dalam praktek penyelenggaraan proses pembelajaran di Indonesia muncul beberapa masalah, antara lain :
1.      Pencapaian tujuan pembelajaran yang parsial yang menyimpang dari tujuan utuh sebagaimana diamanatkan undang-undang.
2.      Masalah kurikulum, menyangkut konsep dan pelaksanaan kurikulum, kandungan kokurikuler dan ekstra kurikuler, kandungan nasional dan lokal, serta keluwesan atau fleksibilitas kurikulum.
3.      Masalah peranan, citra diri, dan kualitas guru.
4.      Pelaksanaan pendidikan dasar sembilan tahun yang sulit dicapai sejak dicanangkan tahun 1993 sampai sekarang.
Solusi untuk menyelesaikan masalah pembelajaran antara lain :
1.      Penyesuaian standar kualitas guru harus dinaikan dan selalu dikembangkan sesuai perkembangan zaman.
2.      Pemerintahan harus bisa membuat sebuah program peningkatan dan pemerataan standar kualitas guru.
3.      Siswa harus dijadikan suatu subjek pendidikan, dalam artian siswa yang harus di utamakan terlebih dahulu dalam pembelajaran di sekolah.
4.      Pembaharuan strategi dalam pembelajaran di sekolah.
5.      Konsistensi pemerintah dalam mengatur standar kualitas sekolah di setiap daerah di Indonesia.





DAFTAR PUSTAKA

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Cetakan kedua. Jakarta: Balai Pustaka
http://lalangiran.wordpress.com/2011/12/12/teknologi-pembelajaran-instructional-technology-sebagai-solusi-masalah-belajar/
id.wikipedia.org/wiki/
http://www.uny.ac.id/berita/fmipa/berbagi-masalah-pembelajaran-masih-dianggap-tabu
Abin Syamsudin Makmun (2003). Psikologi Kependidikan.

Barbara B. Sheels dan Rita C. Richey, Teknologi Pembelajaran Definisi dan Kawasannya, AECT (1994) diterjemahkan oleh Dewi S Prawiradilaga, Raphael Rahardjo dan Yusuf Hadi Miarso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar