Senin, 13 Oktober 2014

Manajemen Peserta Didik

Pengertian Manajemen Peserta Didik
            Manajemen peserta didik adalah layanan yang memusatkan perhatian pada pengaturan, pengawasan, dan layanan siswa di kelas dan di luar kelas seperti : pengenalan, pendaftaran, layanan individu, seperti pengembangan keseluruhan kemampuan, minat, kebutuhan sampai ia matang di sekolah.
Tujuan, Fungsi dan Prinsip Manajemen Peserta Didik
            Tujuan manajemen peserta didik adalah mengatur kegiatan-kegiatan peserta didik agar kegiatan-kegiatan tersebut menunjang proses pembelajaran di lembaga pendidikan.
            Fungsi manajemen peserta didik adalah sebagai wahana bagi peserta didik untuk mengembangkan diri seoptimal mungkin, baik yang berkenaan dengan segi-segi individualitasnya, sosial, aspirasi, kebutuhan dan segi-segi potensi peserta didik lainnya.
            Prinsip-prinsip manajemen peserta didik yaitu:
a.       Dalam mengembangkan program manajemen peserta didik, penyelenggara harus mengacu pada peraturan yang berlaku pada saat program dilaksanakan.
b.      Manajemen peserta didik dipandang sebagai bagian keseluruhan manajemen sekolah.
c.       Segala bentuk kegiatan manajemen peserta didik haruslah mengemban misi pendidikan dan dalam rangka mendidik peserta didik.
d.      Kegiatan-kegiatan manajemen peserta didik haruslah diupyakan untuk mempersatukan peserta yang mempunyai keragaman latar belakang dan punya banyak perbedaan.
e.       Kegiatan manajemen peserta didik haruslah dipandang sebagai upaya pengaturan terhadap pembimbingan peserta didik
f.       Kegiatan manajemen peserta didik haruslah mendorong dan memacu kemandirian peserta didik
g.      Kegiatan manajemen peserta didik haruslah fungsional bagi kehidupan peserta didik, baik di sekolah lebih-lebih di masa depan.
Ruang Lingkup Manajemen Peserta Didik
            Semua kegiatan di sekolah pada akhirnya ditujukan untuk membantu peserta didik mengembangkan dirinya. Dengan demikian manajemen peserta didik itu bukalah dalam bentuk pencatatan data peserta didik aja, melainkan meliputi aspek yang lebih luas secara operasional dapat digunakan untuk membantu kelancaran upaya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik melalui proses pendidikan di sekolah.
            Ruang lingup manajemen peserta didik itu meliputi :
a.       Analisis kebutuhan peserta didik
b.      Rekruitmen peserta didik
c.       Seleksi peserta didik
d.      Orientsi
e.       Penempatan peserta didik
f.       Pembinaan dan pengembangan peserta didik
g.      Pencatatn dan pelaporan
h.      Kelulusan dan alumni
Layanan Khusus yang Menunjang Manajemen Peserta Didik
Layanan Khusus yang Menunjang Manajemen Peserta Didik yaitu:
a.       Layanan bimbingan dan konseling
b.      Layanan perpustakaan
c.       Layanan kantin/kafetaria
d.      Layanan kesehatan
e.       Layanan transportasi sekolah
f.       Layanan asrama


Tidak ada komentar:

Posting Komentar